...



ATURAN AKADEMIK



  1. Pendaftaran/registrasi mahasiswa

  2. Setiap semester akademik, mahasiswa wajib melaksanakan registrasi, yaitu:

    1. Registrasi administrasi, yaitu menyelesaikan kewajiban pembayaran biaya pendidikan melalui Bank yang telah ditunjuk oleh AMIK Serang.

    2. Pengisian KRS, Yaitu Mahasiswa kemudian menyerahkan bukti slip validasi bank kebagian keuangan untuk mendapatkan Kartu Rencana Studi (KRS) untuk diisi oleh mahasiswa.

    3. Registrasi akademik, yaitu mendaftarkan diri di Akademik (dengan menunjukkan dan menyerahkan KRS kepada bagian akademik setelah di tanda tangani oleh Dosen Penasehat Akademik (PA) untuk dapat mengikuti kegiatan akademik semester dan berhak mendapatkan Absensi kehadiran Mahasiswa.


    Bagi mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang, status kemahasiswaannya pada semester yang bersangkutan menjadi batal dan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik serta menggunakan fasilitas yang tersedia.

  3. Cuti akademik dan herregistrasi setelah cuti akademik


    1. Cuti akademik


      1. Cuti akademik hanya diperbolehkan apabila mahasiswa sudah memiliki izin tertulis dari Wakil Direktur I Bidang Akademik

      2. Cuti akademik, harus mengajukan surat permohonan cuti akademik kepada Wakil Direktur I Bidang Akademik.

      3. Masa cuti akademik tidak diperhitungkan sebagai masa aktif dalam kaitannya dengan batas waktu studi. Dan tetap wajib mengikuti matakuliah yang belum diambil bila masa cuti selesai atau aktif kembali.

      4. Selama masa cuti akademik, mahasiswa menyelesaikan biaya cuti yang sudah ditetapkan

      5. Mahasiswa tidak diperkenankan mengambil cuti akademik sebelum evaluasi akademik, kecuali Apabila ada alasan tertentu (misal: hamil/melahirkan, sakit dan harus dirawat di rumah sakit) dan hal tersebut mendapatkan persetujuan dapat diberi izin cuti akademik oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik.


    2. Herregistrasi setelah cuti akademik


    Mahasiswa yang ingin aktif kuliah kembali setelah menjalani cuti akademik harus melaksanakan tahapan-tahapan sbb.:

    1. Mengajukan surat permohon aktif kuliah kepada Wakil Direktur I Bidang Akademik. Surat permohonan ini harus sudah diajukan paling lambat 1 bulan sebelum kegiatan semester bersangkutan berjalan.

    2. Melakukan herregistrasi dengan menunjukkan surat izin aktif kuliah dan KRS di akademik


  4. Perkuliahan

  5. Mahasiswa yang kehadirannya di kelas kurang dari 75% dari jadwal yang ditentukan tidak diperkenankan mengikuti ujian matakuliah yang bersangkutan.
  6. Evaluasi Studi

  7. Evaluasi studi dilakukan dalam 3 tahap, yaitu:

    1. Evaluasi pertama yang diterapkan setelah mahasiswa mengikuti pendidikan selama 4 semester pertama berturut-turut sejak diterima sebagai mahasiswa baru. Evaluasi dilakukan pada akhir semester 4. Pada evaluasi ini mahasiswa harus sudah mengumpulkan minimal 80 sks dengan IPK minimal 2,80. Apabila tidak memenuhi syarat tersebut, mahasiswa bersangkutan di wajibkan mengikuti perbaikan nilai (Semester pendek (SP) / Kuliah Padat (KP)

    2. Evaluasi tahap kedua yang diterapkan menjelang masa studi Diploma-3 akan berakhir sesuai dengan jangka waktu yan ditentukan. Evaluasi tahap ini diterapkan kepada mahasiswa yang mempunyai masalah dengan pencapaian prestasi akademik yang jauh dari ketentuan yang berlaku.

    3. Evaluasi akhir yang diberlakukan pada akhir batas masa studi yaitu pada semester ke-5 atau 6 setelah masa studi.



    ttd

    Direktur