Apa itu Laravel?
Laravel adalah framework PHP yang konsepnya sama seperti Cideigniter. Saat ini pengembangan Laravel sudah sampai versi 8. Laravel dibuat oleh Taylor Otwell dengan desain yang lebih mudah dilengkapi dengan library yang lengkap.

Laravel menggunakan metode MVC (Model, View, Controller) yaitu memisahkan bagian-bagian aplikasi di dalam pemrograman webnya. MODEL biasanya bagian yang berkaitan dengan database, VIEW berkaitan dengan tampilan muka atau antarmuka aplikasi, CONTROLLER bagian yang menghubungkan antara MODEL dan VIEW.

Cara Install Laravel

Sebelum install Laravel, maka yang dibutuhkan adalah

XAMPP merupakan aplikasi berbasis web server yang digunakan secara standalone server yang biasa disebut sebagai localhost. jadi jika kalian ingin membuat aplikasi berbasis web server seperti PHP, maka dibutuhkan sebuah web server. kali ini kita gunakan XAMPP. XAMPP dapat di download di sini secara gratis (open source).

Composer adalah yang menghubungkan project aplikasi kita dengan Library dari luar yaitu dari packagist.org. kita juga bisa berbagi aplikasi dengan developer lain dengan cara mengupload aplikasi kita ke packagist.org. nanti developer tersebut dapat mengunduh aplikasi kita lewat composer.

untuk menginstall composer adalah dengan menDownload installer nya pada https://getcomposer.org/download/ lalu pilih composer-setup.exe untuk mendownload dan menjalankan file aplikasi composer.

simpan file composer-setup.exe

Jalankan file composer-setup.exe

pastikan path file terletak pada php.exe anda di install

selanjutnya klik next ….. next … sampai finish

jika sudah selesai install composer, pastikan bahwa composer sudah dapat dijalankan di komputer anda

masuk ke command prompt, logo windows + R pada keyboard, dan ketik perintah cmd,

kemudian masuk ke folder C:\Xampp\htdocs
dan ketik perintah composer, jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Install Laravel

Setelah Xampp dan Composer berhasil di install, maka kita sudah dapat menginstall Laravel pada project. untuk menginstall laravel dilakukan secara manual yaitu masih tetap menggunakan command prompt.

pastikan path berada pada lokasi xampp di install, saya menggunakan path C:\xampp\htdocs. kemudian ketik perintah:

composer create-project –prefer-dist laravel/laravel latihan_laravel

  • create-project: untuk membuat project baru
  • -prefer-dist: untuk download laravel versi terbaru (stabil)
  • latihan_laravel: nama project laravel yang akan kita buat

tekan enter, maka akan tampil seperti ini

jika sudah selesai, maka akan tercipta sebuah folder dengan nama latihan_laravel, laravel yang di dowload pada latihan ini adalah laravel versi 8.6.6

coba anda ketikkan perintah berikut:

cd latihan_laravel
kemudian ketik
php artisan serve

perhatikan url http://127.0.0.1:8000, artinya server laravel sudah di buat dan kita sudah bisa mengakses dengan menggunakan port 8000. silahkan buka browser dan pada adress bar ketik http://127.0.0.1:8000 atau localhost:8000

Demikian tutorial mengenal dan menginstall laravel, sampai di sini kita sudah berhasil menginstall laravel dan siap untuk digunakan. selanjutnya kita akan membahas tentang Route dan View.