Route dan View merupakan hal yang paling dasar dalam mempelajari Laravel. seperti halnya framework yang lain dengan konsep MVC, route dapat diartikan sebagai jalur atau rute pada aplikasi yang dibuat dengan laravel. misalnya kita mengatur route “tentang” maka aplikasi akan memerintahkan view untuk menampilkan dan menjalankan perintah-perintah yang ada pada controller saat file “tentang” dijalankan. sedangkan view bertugas untuk menampilkan data yang diperintahkan pada controller.

tampilan pertama saat laravel dikalankan pada localhost:8000 sebagai berikut:

Tampilan awal tersebut terletak pada view yang berada pada folder resources dengan nama file welcome.blade.php

kita akan melakukan proses editing project php ini bisa dengan menggunakan aplikasi seperti notepad ++ atau visual studio code yang dapat anda download di sini.

kemudian simpan dan lakukan proses install visual studio code.

jalankan visual studio code dan buka folder project latihan_laravel, arahkan pada folder resources > view maka terdapat file welcome.blade.php, kemudian pada folcer routes maka terdapat file web.php. jika di klik file web.php maka terdapat syntax berikut

ketika perintah ini dijalankan, maka ketika direktori awal ( / ) dijalankan, maka akan menampilkan view pada file welcome.blade.php

sekarang kita akan coba rubah kata Documentation menjadi Dokumentasi pada file welcome.blade.php, dan perhatikan perubahannya.

jalankan aplikasi pada browser, ketik localhost:8000 atau 127.0.0.1:8000

Membuat Route baru

kita akan coba membuat contoh route baru. buka file web.php, kemudian pada bagian bawah route yang sebelumnya. ketik syntax berikut di bagian bawah route sebelumnya:

kemudian simpan dan jalankan browser anda, kemudian ketik http://127.0.0.1:8000/hello
maka akan tampil seperti berikut:

selanjutnya kita akan coba membuat tampilan lainnya seperti halaman tentang aplikasi dan sebagainya.

buatlah file baru dengan nama tentang.blade.php pada folder views

masukkan script berikut pada file tentang.blade.php

kemudian tambahkan script pada web.php seperti gambar berikut:

jalankan aplikasi pada browser dan ketik url 127.0.0.1:8000/tentang , maka akan hasilnya dapat di lihat seperti berikut:

Demikian pembahasan kita kali ini tentang route dan view pada Laravel. Berikutnya kita akan bahas tentang controller